Bagaimana Cara Memecahkan Sudoku ?


Ingin Tahu Bagaimana Cara Memecahkan Sudoku ?
Saya Akan Perlihatkan Bagaimana Caranya !

Sudoku adalah teka-teki angka yang digemari di seluruh dunia. Sangat menyenangkan untuk dimainkan, tetapi bisa rumit dan membingungkan pada awalnya. Tujuan teka-teki ini adalah menempatkan angka 1 sampai 9 di setiap baris, kolom, dan blok bujur sangkar 3x3. Pada artikel ini saya akan membagikan bagaimana cara memecahkan teka-teki sudoku dengan tingkat kesulitan game yang mudah atau tingkat beginner.

1.    Periksalah baris, kolom, dan blok untuk memecahkan teka-teki




Karena Anda sudah tahu bahwa Anda tidak boleh menaruh angka yang sama di baris, kolom, atau blok 3x3, Anda dapat memakai hal itu untuk membantu mendapatkan angkanya. Kesulitan ini tergantung penempatan angka-angka yang diberikan pada Anda.

2.    Carilah “definite”




Saat memecahkan Sudoku yang mudah, hal pertama yang harus Anda lihat adalah mencari definite. Definite adalah angka-angka yang sudah pasti akan ada di tempat itu. Mulai dari kotak angka 1, tarik garis-garis khayalan dari kotak itu melewati kotak-kotak lain sesuai baris dan kolom dari kotak tersebut. Ketika hanya ada satu kotak yang tersisa dalam blok 3x3, Anda tahu bahwa itu adalah definite (lihat gambar pada 1 dan 2)

3.    Lakukan hal yang sama sampai angka 9


Karena Anda telah mengisikan beberapa angka, hal ini seharusnya akan membantu mendapatkan angka-angka lain yang sebelumnya memiliki lebih dari 1 kemungkinan. (Lihat gambar 3 dan 4. Perhatikan bagaimana ketiga angka yang sebelumnya belum bisa dipecahkan, tapi akhirnya sekarang sudah bisa dipecahkan).

4.    Lihatlah kembali saat mengalami kemacetan


Jika Anda mengalami kemacetan, kembalilah dan pastikan memeriksa semuanya. Hampir bisa dipastikan bahwa Anda melewatkan sesuatu. Biasanya hanya satu angka tersebut yang Anda butuhkan untuk melanjutkannya. Jika Anda masih belum bisa menemukan solusinya, mulailah memberi catatan setiap blok dengan setiap angka yang mungkin bisa berada dalam kotak tersebut.
  • Sebagai contoh, pada gambar 1, semua kotak kosong memiliki angka yang mungkin bisa berada di sana. Masukkan angka-angka ini. Jika ada angka 1 lain di baris atau kolom dalam kotak tersebut, Anda tahu bahwa angka 1 tidak mungkin berada di kotak itu.

5.  Mulailah mengerjakan Sudoku di surat kabar atau di internet

Sudoku di surat kabar biasanya lebih mudah dikerjakan jika termuat pada hari Senin atau Selasa. Tingkat kesulitan meningkat seiring minggu tersebut berjalan.

6. Cobalah Sudoku yang lebih sulit

Sudoku ini (gambar 1 sampai 4 di atas) bisa dipecahkan hanya dengan memakai definite, tapi apa yang akan Anda lakukan jika tidak bisa mencari definite?

Komentar